Saturday, December 10, 2005

Karakter

Seorang teman berbicara mengenai pembentukan karakter. Ia membandingkan mengenai kondisi lingkungan tempat yang dihuni oleh orang-orang 'berkarakter' dengan lingkungan tempat yang dihuni oleh orang-orang yang 'tidak/kurang berkarakter'. Ah., tapi akhirnya kutahu bahwa yang diperbincangkannya adalah perbandingan antara karakter 'baik' dengan karakter 'buruk'.

Bagiku, karakter adalah sifat dan tindakan seseorang yang terus-menerus diulang selama hidupnya dan akhirnya menjadi sikap hidup. Tidak peduli dengan label 'baik' atau 'buruk' terhadap sikap hidupnya itu. Menurutku, karakter seseorang sangat dipengaruhi oleh pengalaman-pengalaman emosi sebelumnya , didikan orangtua, dan sikap mentalnya. Itulah yang membuat setiap manusia berbeda karakternya dengan karakter orang lain.

Karakter akhirnya disandarkan kepada sikap dan tindakan seseorang.

Kalaulah boleh menilai., tidak ada sebenarnya karakter yang buruk. Setiap tindakan ada alasannya., dan alasan ini akan selalu benar untuk orang yang melakukannya. Aku tidak terlalu setuju dengan pikiran 'itu kan cuma alasan' atau 'loh dia kok begitu ya?' ketika melihat seseorang berbuat sesuatu yang diluar lazimnya. Aku cuma berpikir, seandainya dia mengetahui latar belakang ia melakukannya., maka mungkin ia akan berpikir beberapa kali sebelum mengucap kata itu. Maka menjadi bijaksana dalam menyikapi berbagai karakter orang adalah suatu hal yang sangat perlu.

Pemberian label 'buruk' dan 'baik' sebenarnya adalah karena adanya batasan-batasan dari norma-norma yang dianut. Norma sosial, agama, kesopanan, dsb adalah hal yang menjadikan penilaian seseorang menjadi demikian ketatnya sehingga terkadang mengenyampingkan faktor bawaan karakter tersebut. Tetapi sesuai dengan sifatnya, norma adalah peraturan yang mengikat individu dalam masyarakat agar tercipta keteraturan bersama. Maka ketika dihadapkan pada karakter seseorang, pertentangan antara kebijaksanaan penyikapan dan peraturan norma akan selalu terjadi.., dan disanalah dinamika kehidupan akan bermula..

No comments:

free counter