Saturday, December 17, 2005

Prasangka

Seberapa sering dalam sehari kita berprasangka buruk kepada orang lain..?
Seberapa sering pula dalam sehari kita mengganggap remeh orang lain..?
Lalu seberapa sering pula kita menerima mentah-mentah pendapat buruk mengenai seseorang tanpa pernah mencoba melihat kebenarannya..?

Tapi bukankah hal itu manusiawi..? dan tidak bisa dipungkiri bahwa setiap hari mau tak mau harus bersikap seperti itu.., karena lingkungan kita pun seperti itu. Dan terkadang pendapat orang dan prasangka buruk kita itu ternyata benar.

hmm.., manusia memang punya kekurangan yang banyak., salah satunya adalah suka berprasangka buruk kepada orang lain, bersifat pengumpat dan pencela.., tapi kalaulah kita dihinggapi dengan sifat-sifat itu, maka memang itulah derajat kita sampai disana, tidak akan sampai kepada derajat manusia mulia.

Lalu.., gimana dong., masak gua mesti pura-pura berprasangka baik kepada orang lain, nggak ikut ngegosipin orang lain ketika orang lain ramai membicarakannya.

Ada konsep tabayyun dalam menerima pendapat orang lain, yaitu dalam menerima informasi kita perlu memastikan kebenaran dan keaslian dari berita tersebut. Tidak hanya orang lain yang akan terbantu, hati kita pun akan lebih bersih dari prasangka buruk, umpatan , dan celaan yang muncul dari dalam hati kita.

Prasangka buruk terhadap orang lain hanya akan membuat hati menjadi kotor dan membuat pikiran tidak bisa berpikir jernih. Mari kita ridha dalam berprasangka baik.

No comments:

free counter